Tips Cara Pintar Hemat Mobile Data untuk Android

Advertisement

kasembonit.blogspot.com- kali ini kami akan mempostingan Tips Cara Pintar Hemat Mobile Data untuk Android. Smartphone dapat mengakses internet menggunakan koneksi mobile data, namun tidak dapat dipungkiri, tarif yang harus kita bayarkan juga akan cukup tinggi dan tidak terasa mungkin kita sudah menghabiskan kuota bulanan. Berikut ini  Tips Cara Pintar Hemat Mobile Data untuk Android.



v  Update Aplikasi Menggunakan Wi-Fi

Beberapa aplikasi bisa jadi secara otomatis melakukan update menggunakan koneksi internet, yang dapat menghabiskan kuota internet kamu. Jalankan Google Play Store, buka Menu > settings > Auto – update apps dan pastikan pilihan aktifnya adalah "auto-update apps over Wi-Fi only". Jika kamu ingin melakukan update aplikasi secara manual, maka pilih "do not auto-update apps”.

v  Lakukan Pengaturan Konfigurasi Data Sync Aplikasi

Beberapa aplikasi lainnya bisa juga melakukan update secara konstan ketika perangkat Android kamu terhubung dengan internet. Contohnya, aplikasi Google+ secara otomatis mengupdate konten seperti foro dan video yang bisa memakan banyak koneksi data. Lakukan pengaturan secara manual pada masing – masing aplikasi untuk mencegah update otomatis konten.

v  Restrict Background Data

Aplikasi yang berjalan di background dapat terus aktif meski telah kamu atur secara manual. Buka Settings > data usage > scroll untuk melihat aplikasi yang menggunakan koneksi. Bagian pertama menggambarkan “foreground” yang merupakan penggunaan koneksi data suatu aplikasi ketika aktif, sedangkan yang lain menggambarkan “background” yang merupakan penggunaan koneksi data ketika aplikasi berjalan di background. Pilih “restrict background data” untuk mencegah update semua aplikasi.

v  Cache Map

Kamu bisa menyimpan bagian atau area tertentu dari Google Maps menggunakan cache map. Download cache map menggunakan koneksi Wi-Fi dan kamu dapat membuka area tersebut tanpa perlu menggunakan koneksi mobile data. Tips ini penting sebelum kamu melakukan suatu perjalanan yang membutuhkan peta.

v  Compress Penggunaan Data pada Browser

Web browser bisa memakan koneksi data yang besar, namun beberapa website memiliki optimasi untuk perangkat mobile yang bisa mengurangi penggunaan data. Gunakan fitur "data compression" atau "reduced data usage" untuk mengurangi penggunaan koneksi data yang dapat mengurangi ukuran halaman web secara signifikan.

v  Monitor Data 

Memonitor Data sangat penting untuk mengetahui seberapa besar kita telah menghabiskannya saat menjelajah di internet. Untungnya, Android telah memiliki fitur ini secara built-in, sehingga pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tertentu. Cukup masuk ke ‘Settings > Wireless & Network > Data Usage’. 

Fitur Data Usage menampilkan berapa besar data yang telah dihabiskan dengan rinci dalam bentuk grafik. Aplikasi apa saja yang butuh koneksi data juga ditampilkan di sini disertai dengan informasi berapa volume yang telah dikonsumsi. Jika berlangganan paket data, kita bisa memberi batasan kuota tertentu dan rentang waktunya agar bisa memberikan peringatan saat kuota akan habis sehingga tidak memakan pulsa.

v  Pakai Onavo Extend

Cara terakhir yang cukup jitu untuk menghemat data adalah memakai aplikasi kompresi data internet Onavo Count. Aplikasi ini dikenal handal yang diklaim mampu memperbesar paket data hingga lima kali tanpa perlu mengubah cara penggunaan. Sebenarnya bukan menambah paket data, misalnya dari 2 GB menjadi 10 GB. Namun yang lebih ditekankan adalah dengan paket data yang ada, bisa menggunakan internet jauh lebih banyak daripada sebelumnya. 


Bagaimana apakah anda mau mencopa tips dan trik dari kami? Apakah anda punya referensi sendiri? Jika punya silahkan berbagi pada yang lain pada kolom komentar .. terima kasih telah bekunjung ke blog Kasembon IT semoga informasi yang kami berikan tentang Tips Cara Pintar Hemat Mobile Data untuk Android bermanfaat.
Advertisement
Tips Cara Pintar Hemat Mobile Data untuk Android | jual bibit | 5

0 komentar:

Posting Komentar